Panel Surya, Alternatif Sumber Listrik Utama Masa Depan

Kehidupan modern akan membutuhkan lebih banyak energi listrik mengingat energi minyak bumi kini kian ditinggalkan. Itu sebabnya panel surya untuk rumah sudah mulai menjadi alternatif dari sumber listrik rumahan.

Panel Surya Alternatif Sumber Listrik Terbarukan

Gaya hidup millennial membutuhkan energi listrik yang tak sedikit. Semakin tinggi kebutuhan akan koneksi internet, maka semakin besar pula kebutuhan akan listrik. Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut akan lebih baik bila masyarakat mulai beralih ke sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti salah satunya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). 

Selama ini sumber energi listrik di Indonesia banyak bergantung pada batubara dan minyak bumi. Sumber energi tersebut jumlahnya terbatas sehingga cukup tepat bila kini saatnya melirik sumber daya alam terbarukan untuk menghasilkan listrik seperti angin, sinar matahari, air dan biofuel. Listrik dari sinar matahari dinilai memiliki potensi karena di Indonesia jumlahnya cukup berkelimpahan. 

Pembangkit listrik tenaga surya memanfaatkan sel surya Solar Photovoltaic (PV) yang nantinya akan menghasilkan energi listrik dari sinar radiasi matahari. Potensi energi matahari di Indonesia yang bersinar sepanjang tahun sangat besar di mana radiasi harian rata-rata energi surya bisa mencapai 4.8 KWh/m2. Sistem PLTS bisa dipasang hampir di mana saja sepanjang mendapatkan paparan sinar matahari dan tak terhalangi oleh bayangan apapun. Bahkan sistem PLTS ini bukan hanya bisa diterapkan untuk skala besar, tapi juga skala perorangan dengan memanfaatkan panel surya. 

Mengapa Memilih Panel Surya?

Awalnya panel surya belum dilirik karena dianggap mahal dan membutuhkan teknik pemasangan yang cukup rumit. Namun, saat ini pemanfaatan tenaga surya untuk memenuhi kebutuhan listrik sudah didukung oleh pemerintah sehingga bisa diterapkan lebih luas. Anda bisa menyaksikan pemanfaatan panel surya ini khususnya untuk penyediaan solar home system di kawasan terpencil seperti di wilayah Indonesia Timur. 

Penggunaan tenaga surya untuk membangkitkan listrik dinilai lebih baik karena bersih, ramah lingkungan dan tak menghasilkan emisi gas buang. Energi panas matahari yang mudah didapatkan dan melimpah di Indonesia menjadikan pemanfaatan listrik tenaga surya bisa lebih murah dan banyak diminati di masa depan. Bukan hanya di Indonesia, listrik tenaga surya juga sudah dimanfaatkan oleh negara lain seperti di India, Amerika dan Eropa. Minimnya dampak ekologis serta sumber yang tak terbatas membuat panel surya seharusnya bisa menjadi pilihan utama masyarakat di masa depan. 

Yang membuat penggunaan panel surya untuk kebutuhan rumah tangga berpotensi bakal diminati di masa depan adalah karena bisa disesuaikan dengan desain rumah modern. Proses instalasinya cepat sehingga Anda bisa langsung menggunakannya tak seperti listrik PLN. Anda bisa menggunakan listrik tenaga surya untuk sumber energi listrik terbarukan bersama dengan pemasangan listrik dari PLN atau sumber listrik lainnya. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan listrik rumah di musim penghujan yang minim panas matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *