Penempatan Genset yang Tepat

Genset di Surabaya—salah satu cara perawatan genset yang baik adalah dengan mengetahui dimana lokasi yang tepat untuk meletakkannya. Meletakkan genset sembarangan dan tidak sesuai dengan pakem yang diberikan oleh pihak teknisi genset tentu saja menjadi penyebab mudah rusaknya genset tersebut. Genset dengan kualitas yang bagus dan di dapatkan dengan harga yang mahal akan cepat rusak jika tidak diimbangi dengan proses perawatan yang bagus. Proses perawatan genset salah satunya adalah dengan meletakkan genset di tempat yang tepat. Distributor genset di Surabaya tentunya mengetahui hal ini. Lalu, bagaimanakah kriteria penempatan genset yang tepat itu?

  1. Pertama adalah dengan mempertimbangkan sirkulasi udara yang ada pada ruangan tersebut. Ruangan yang sama sekali tidak terdapat sirkulasi udaranya, atau ruangan yang sangat terbuka, keduanya akan berdampak buruk bagi genset Anda. Pastikan bahwa tempat Anda meletakkan genset tersebut di area yang sirkulasi udaranya lancar sehingga tidak berdampak pada suhu genset. Pilih genset yang tersedia tempat untuk gas pembuangannya. Sebisa mungkin gunakan genset dengan jenis gas pembuangan yang ramah lingkungan.
  2. Jika Anda ingin meletakkan genset di luar, cobalah untuk tetap melindungi nya dengan papan tertentu. Tujuannya adalah agar genset tidak langsung terkena sinar matahari atau hujan yang mengakibatkannya mudah berkarat utamanya untuk bagian canopy genset. Letakkan genset di dalam set kerangka besinya agar genset tidak dicuri dan lebih aman. Konsultasikanlah mengenai hal ini ke distributor genset resmi di Surabaya atau daerah terdekat Anda.
  3. Genset adalah perangkat pendukung listrik yang sering kali menimbulkan kebisingan. Saat di gunakan di rumah misalnya, hindari meletakkan genset di lokasi yang sangat berdekatan dengan rumah sehingga menimbulkan kebisingan yang sangat signifikan. Atau, jika ingin yang lebih aman, pilih jenis genset silent agar tidak mengakibatkan suara yang sangat bising sehingga tidak mengganggu.
  4. Jika genset tersebut sering kali di pindahkan, gunakan alat pindah trailer dan letakkan genset tersebut di atasnya. Tujuannya adalah agar proses pemindahan lebih mudah dan tidak menyusahkan mengingat genset bukanlah perangkat yang ringan.
  5. Letakkan genset di dekat panel listrik. Tujuannya tidak lain adalah agar kabel yang diperlukan untuk terhubung ke panel tersebut tidak terlalu panjang sehingga lebih ekonomis. Letakkan genset di lokasi yang dekat dengannya.
  6. Hindarkan genset dari sumber api dan juga jangkauan anak-anak. Genset yang dekat dengan sumber api rentan menyebabkan kebakaran, dan jika genset tersebut mudah dijangkau anak-anak, memicu terjadinya hal yang tidak diharapkan.
  7. Jika ingin meletakkan genset di dalam tanah yang notabene minim oksigen dan tertutup, usahakan untuk memberikan perhatian lebih pada sirkulasinya karena hal tersebut akan berpengaruh pada mesin genset. Untuk perlindungan tambahan, buatlah spare agar mempermudah teknisi untuk menjangkau genset. Dengan perawatan yang tepat, genset yang berkualitas bagus tersebut akan semakin awet. Bahkan sebelum Anda membeli, baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan distributor genset di Surabaya atau daerah tempat Anda akan membeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *